Jumat, Agustus 19, 2016

KKPI, PROTOKOL JARINGAN

PROTOKOL JARINGAN

1.    Pengertian Protokol Jaringan
         adalah satu set aturan yang mengatur online komunikasi di antara beberapa buah komputer yang ada dalam suatu jaringan. Peraturan-peraturan tersebut termasuk pedoman yang mencakup beberapa kriteria-kriteria sebuah jaringan. Ini termasuk cara mengakses, topologi fisik yang diizinkan, jenis-jenis perkabelan, dan kecepatan pengiriman data. Protokol Jaringan diibaratkan sebagai bahasa komunikasi antar komputer dalam jaringan
2.    Prinsip-prinsip Desain Protokol
  Dalam membuat protokol ada tiga hal yang harus dipertimbangkan:
·         Efektivitas
·         kehandalan,
·         Kemampuan dalam kondisi gagal di network.

3.    Macam-Macam Protokol
A.    TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang diterjemahkan menjadi Protokol Kendali Transmisi/Protokol Internet, yang merupakan gabungan dari protokol TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) sebagai sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang dituju.
B.    UDP (User Datagram Protocol,) adalah salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP
C.   DNS (Domain Name System)adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet.
D.   PPP (Point to Point protocol adalah platform yang digunakan untuk menghubungkan komputer individu atau jaringan komputer ke  internet service provider. Sambungan dibuat antara dua titik, oleh sebab itu disebut Point-to-Point. PPP dianggap menjadi solusi terbaik untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.
E.    SLIP (Serial Line Internet Protocol) Serial Line Internet Protocol (SLIP) adalah kebanyakan enkapsulasi usang dari Internet Protocol yang dirancang untuk bekerja di port serial dan koneksi modem.
F.    ICMP (Internet Control Message Protocol) Internet Control Message Protocol (ICMP) adalah salah satu protokol inti dari Internet Protocol Suite. Hal ini terutama digunakan oleh sistem komputer jaringan operasi untuk mengirim pesan kesalahan-menunjukkan, misalnya, bahwa layanan yang diminta tidak tersedia atau bahwa host atau router tidak bisa dihubungi.
G.   HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) vHypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) adalah kombinasi dari Hypertext Transfer Protocol / protokol TLS/SSL untuk menyediakan enkripsi dan pengaman (website pengujian keamanan) identifikasi server. koneksi HTTPS sering digunakan untuk transaksi pembayaran di World Wide Web dan untuk transaksi sensitif dalam sistem informasi perusahaan. HTTPS tidak harus bingung dengan Secure HTTP (S-HTTP) yang ditentukan di RFC 2660.
H.   SSH (Secure Shell) Secure Shell atau SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan data yang akan dipertukarkan menggunakan saluran aman antara dua perangkat jaringan. Digunakan terutama di GNU / Linux dan sistem Unix berbasis untuk mengakses account shell, SSH dirancang sebagai pengganti Telnet dan system terpencil tidak aman lain, yang mengirim informasi, terutama password, di plaintext, membuat mereka rentan terhadap analisis paket. Enkripsi yang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan tidak aman, seperti Internet.
I.      TELNET (TErminaL NETwork) adalah protokol jaringan yang digunakan di Internet atau jaringan area lokal untuk memberikan fasilitas komunikasi teks interaktif dua arah berorientasi koneksi melalui virtual terminal. User data di-band diselingi dengan informasi DNS TELNET dalam sambungan data 8-bit byte berorientasi selama Transmission Control Protocol (TCP).
J.    FTP (File Transfer Protocol)  adalah protokol jaringan standar yang digunakan untuk pertukaran dan memanipulasi file melalui jaringan TCP / IP berbasis, seperti Internet. FTP dibangun pada arsitektur klien-server dan menggunakan kontrol terpisah dan koneksi data antara aplikasi client dan server. FTP digunakan dengan otentikasi berbasis password atau pengguna dengan akses pengguna anonim. 
Aplikasi interaktif awalnya alat baris perintah dengan sintaks perintah standar, tetapi antarmuka pengguna berbasis grafik telah dikembangkan untuk semua sistem operasi desktop yang digunakan saat ini.












0 komentar:

Posting Komentar